Saturday, November 6, 2010

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMUNIKASI



Sejarah komunikasi sudah dikenal diperkirakan dimulai sejak sekitar 4000 tahun sebelum Masehi (sM), dan biasa disebut jaman Cro-Magnon. Baru sekitar tahun 22000 sM,para ahli pra-sejarah menemukan lukisan-lukisan dalam gua yang diperkirakan karya komunikasi manusia pada zaman tersebut.Menurut Rogers, sejarah perkembangan komunikasu dapat dibagi menjadi 4 era perubahan:
• Era komunikasi tulisanDiperkirakan dimulai ketika bangsa Sumeria mulai mengenal kemampuan menulis dalam lembaran tanah liat sekitar 4000 tahun SM.
• Era komunikasi cetakanEra ini dimulai sejak ditemukannya mesin cetak band-press oleh guttenberg dan john coster di jerman pada tahun 1456, dan kira-kira berlangsung selama 5000 tahun
• Era komunikasiPada tahun 1844, Samuel morse menemukan alat telegraph yang pertama dan mengawali era telekomunikasi ini.
• Era komunikasi interaktifEra komunikasi interaktif mulai terjadi pada pertengahan abad ke-19, dengan ditemukan Mainframe Computer ENIAC dengan 18000 vacuum tubes oleh para ahli dari universitas Pennsylvania di Amerika Serikat, pada tahun 1946.
SEJARAH PERKEMBANGAN ILMU KOMUNIKASI
Sejarah perkembangan ilmu komunikasi dibagi menjadi 4 periode:
• Periode Tradisi RektorikaAristoteles menyatakan bahwa retorika mencakup tiga unsure yang bertujuan untuk mempersuasi, yaitu:
• Ethos (kredibilitas sumber)
• Panthos (hal yang menyangkut emosi/perasaan), dan
• Logos (hal yang menyangkut fakta)Pokok-pokok pikiran ini kemudian dikembangkan lagi pleh Cicero dan Quintilian, dalam 5 aturan retorika unsure:
• Invention (urutan argumentasi)
• Disposition(pengaturan ide)
• Eloqutio (gaya bahasa)
• Memoria (ingatan)
• Pronounciatio (cara penyampaian pesan)
• Periode pertumbuhan: 1900-Perang Dunia IIAda beberapa perkembangan penting yang terjadi pada masa ini, seperti penemuan-penemuan teknologi komunikasi seperti telepon, telegraph, radio, TV, dan lain-lain. Dan perang Dunia I dan II juga pecah pada masa ini.Secara umum bidang-bidang studi komunikasi yang berkembang pada periode ini diantaranyaperanan komunikasi dalam kehidupan social, komunikasi dan pendidikan, penelitian komunikasi komersial, dan lain-lain.
• Peiode Konsolidasi:PD II-1960-anPada periode setelah perang dunia II, kondolisasi dari pendekatan ilmu komunikasi sebagai suatu ilmu pengetahuan social bersifat multidisipliner mulai terjadi. Kristalisasi ilmu komunikasi ditandai oleh 2 halPertama, adanya adopsi perbendaharaan istilah-istilah yang dipakai secara seragam. Kedua munculnya buku-buku dasar yang membahas tentang pengertian dan proses komunikasi.
• Periode Teknologi komunikasi: 1960-an sekarangSejak tahun 1960-an perkembangan ilmu komunikasi semakin kompleks. Komunikasi sebagai suatu displin telah memasuki periode tinggal landas sejak tahun 1950.
Periode masa sekarang juga disebut sebagai periode komunikasi dan informasi yang ditandai oleh beberapa factor antara lain:
- Ketergantungan terhadap situasi ekonomi dan politik global khususnya dalam konteks center periphery
- Semakin luasnya proses demokratisasi ekonomi dan politik
- Semakin gencarnya kegiatan pembangunan ekonomi di seluruh Negara.
- Tumbuhnya industry media yang tidak hanya besifat nasional tapi juga regional dan global.
- Kemajuan teknologi computer, VCR, TV kabel, dan alat-alat komunikasi jarak jauh lainnya.

DETAIL DARI SEJARAH TIK

MASA PRASEJARAH 3000 SM
Pada masa ini teknologi informasi dikembangkan manusia sebagai system pengenalan bentuk-bentuk dengan menggambarkan informasi-informasi yang mereka dapat di dinding-dinding goa, misalnya berburu binatang atau binatang buruannya. Perkembangan teknologi selanjutnya adalah dengan membuat dan digunakannya alat-alat yang menghasilkan bunyi atau isyarat seperti gendang, terompet dari tanduk binatang, dan isyarat asap untuk peringatan tanda bahaya.
MASA SEJARAH SEKITAR 3000SM-1400M
Penggunaan huruf hieroliph pada bangsa mesir kuno. Hieroliph merupakan bahasa symbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh symbol yang berbeda.
- orang-orang yunani memperkenalkan menulis dari kiri ke kanan dengan memakai abjad fonetik (1774SM)
-Penggunaan merpati pos dipopulerkan oleh bangsa yunani kuno (776SM)
-diciptakan buku-buku yang memiliki bentuk mirip dengan buku zaman sekarang (100M)
-Pi sheng dari china menciptakan alat cetak yang hurufnya dapat dipindah-pindahkan dengan memakai lempengan tanah liat bakar (1049SM)
MASA MODERN (1400 - SAMPAI SEKARANG)
-koran pertama didunia mulai beredar di eropa, tetapi belum diterbitkan secara harian (1450M).
-mesin cetak yang menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi yang dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu yang dikembangkan untuk pertama kalinya oleh Johann Guntenberg (1455M).
-pengeras suara pertama diciptakan oleh Charles weatson tahun 1821
- Augusta Lady Byron menulis program computer pertama dunia bekerjasama dengan Charles babbge menggunakan mesin analitycal nya. Alat ini didesain mampu memasukan data, pengolahan data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu tahun 1830.
- Samuel morse mengenmbangkan telegraph dan bahasa morsenya bersama sir wiliam cook dan sir Charles wheatson yang dikirim secara elektronik antara 2 tempat yang berjauhan melalui kaber yang menghubungkan 2 tempat yang berbeda tersebut pada tahun 1837.
Samuel Morse
Samuel Morse
- Pada tahun 1876 thomas Edison menemukan mesin fotocopy pertama yang biasanya disebut mimeograph. Pada tahun yang sama Alexander grahambell menciptakan telepon pertama didunia , sedangkan melvyl dewey menciptakan system pencatatan catalog buku untuk perpustakaan yang digunakan diseluruh dunia bernama system decimal dewey.
Thomas Alva Edison
Thomas Alva Edison
-tahun 1899 dipergunakannya system penyimpanan dalam pita magnetis pertama didunia tetapi pada masa ini penyimpanan masih bersifat analog belum digital seperti sekarang.
-tahun 1902 Guglielmo Marconi memamerkan penyiaran sinyal radio pertama yang dapat menyeberangu samudra atlantik.
-panggilan telepon antarbenua pertama pada tahun 1914
- pada tahun 1923 zvorkyn menciptakan tabung tvyang pertama.
-pesawat televise pertama yang diciptakan oleh john logie baird di amerika pada tahun 1925-tahun 1945 vannevar bush mengembangkan system pengkodean menggunakan hypertext . pada masa ini hypertext sudah berkembang seiring debgan perkembangan desain web site yang saat ini berkembang.
John Lagie Bird
John Lagie Bird
-tahun 1946 teknologi computer digital pertama didunia ENIAC I dikembangkan walaupun belum begitu banyak pemakai teknologi computer sudah digunakan instansi-instansi tertentu-tahun 1957 jean hoemi mengembangkan trasitor panar. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam keping kecil Kristal silicon; setelah itu Rusia pada saat itu meluncurkan sputnik sebagai satelit bumi buatan pertama yang bertugas mata-mata. Sebagai balasannya amerika membuat ARPA dibawah kewenangan Departemen Pertahan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang militer.
-tahun 1972 ray Tomlinson menciptakan program email pertama yang digunakan untuk nerkomunikasi jarak jauh menggunakan text email dapat dikatakan sebagai surat eektronik.
-tahun 1973 sampai 1990 istilah internet diperkenalkan pada sebuah paper mengenai TCP/IP kemudian dilakukan pengembangan sebuah protocol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP yang dikembangkan oleh DARPA. Pada tahun 1981, national science foundation mengembangkan blackbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan. Kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi diantanya: ARPANET, DARPA, DDN, dan interner gateway
Arpanet  
ARPANET                                   DARPA
-Tahun 1991 sampai sekarang: tahun 1992 diperkenalkan istilah word wide web oleh CERN. Pada tahun 1993 NSF membentuk interNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet pengangkut direktori dan penyimpanan data serta database, jasa registrasi , dan jasa informasi. Pada tahun 1994, pertumbuhan internet didunia sangat berkembang pesat dan tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Tahun 1995, perubahan swata mulai dilakukan menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone. Dan tahun 1999, penyediaan jasa pencarianinformasi secara gratis yang terbesar didunia, yaitu google.com mulai beroprasi di amerika dan sekarang merambah ke Negara-negara di seluruh dunia.
RANGKUMAN SEJARAH TIK
Jadi pada mulanya, komunikasi pada jaman prasejarah berfungsi untuk menggambarkan informasi-informasi pada dinding goa, di batu atau di prasasti-prasati tentang buruannya. Dengan berjalannya waktu, manusia mulai membuat gendang atau terompet yang terbuat dari tanduk binatang ataupun juga membuat isyarat asap untuk tanda bahaya.Setelah itu manusia mulai berfikir untuk membuat suatu tulisan dan bentuk bunyi yang berbeda untuk menjadi sebuah kata, kalimat ataupun bahasa untuk berkomunikasi kepada sesamanya.Seiring berjalannya waktu, manusia mulai mengenal huruf, angka sehingga manusia berangsur mulai meninggalkan cara lamanya untuk berganti untuk memulai dangan menggunakan tulisan dan angka-angka untuk berkomunikasi dengan sesamanya.Selanjutnya denhan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi semakin pesat, mulailah manusia menciptakan alat komunikasi seperti surat, telegraph, telepon, televise, computer, dan yang paling canggih sekarang adalah internet.Di jaman sekarang ini, internet tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana tidak??dengan internet, kita dapat berbanja dengan mudah, menjual sesuatu, berkomunikasi jarak jauh dengan teman, kerabat atau keluarga, atau sekedar bermain game online dan mencari bahan tugas dari sekolah ataupun kuliah.Kegunaan teknologi yang canggih pada jaman sekarang ini tergantung dari manusianya itu sendiri, apakah menggunakan teknologi yang ada dengan hal yang bermanfaat atau mungkin malah hal yang dapat merugikan orang lain.

No comments:

Post a Comment